Pentingnya Memberikan Nutrisi Anak

By On Kamis, Agustus 31st, 2017 Categories : Kesehatan

Pentingnya Memberikan Nutrisi Anak

Nutrisi sangat dibutuhkan terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Pemberian nutrisi yang baik bisa menunjang perkembangan anak sehingga ia bisa tumbuh kembang secara maksimal. Nutrisi anak bisa diperoleh dari berbagai makanan. Tak sulit menemukannya karena ia bisa ditemukan di makanan yang dihidangkan tiap hari. Kekurangan nutrisi bisa mengakibatkan Anda kekurangan gizi yang mana bisa menghambat pertumbuhan. Tak jarang, nutrisi ini bisa diperoleh dari produk olahan yang banyak dijual di pasaran. Nah, berikut ini ada beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh adalah kalsium. Kalsium bisa Anda peroleh dari susu, yoghurt dan keju. Kalsium merupakan nutrisi yang penting karena ia bisa mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Tak hanya olahan itu saja, Anda bisa menemukan zat kalsium ini pada sayuran salah satunya ialah brokoli. Selain kalsium, tubuh manusia pun membutuhkan protein. Mungkin hampir setiap hari Anda mengonsumsi zat protein. Sangat mudah menemukannya di makanan antara lain seafood, daging, dan telur. Nutrisi anak ini dibutuhkan oleh tubuh karena ia merupakan zat penyusun tubuh yang utama. Protein terdiri dari protein nabati dan hewani. Untuk protein nabati bisa ditemukan pada makanan yang berasal dari kacang-kacangan.

Nutrisi anak yang selanjutnya adalah serat. Makan makanan yang mengandung serat itu penting. Sebab, serat sangat dibutuhkan saat pencernaan anak. Kurang serat dapat menyebabkan anak terserang sembelit atau susah buang air besar. Tak sedikit anak-anak yang kurang menyukai buah. Padahal, nutrisi yang dikandungnya baik untuk kesehatan. Anda bisa menemukan serat dalam buah-buahan dan sayuran segar. Anda beruntung tinggal di Indonesia karena di sini banyak memproduksi buah-buahan segar. Bahkan, buah dan sayuran ini bisa Anda beli di pasar tradisional dan supermarket. Selain serat, Anda juga perlu mengonsumsi yodium. Penelitian membuktikan bahwa kekurangan akan zat ini dapat mengurangi tingkat kecerdasan anak. Makan yodium secara teratur dapat membuat kecerdasan otak meningkat. Bahan makanan yang mengandung zat ini antara lain rumput laut, salmon, dan garam beryodium.

Nutrisi tak hanya baik untuk kesehatan tubuh anak, namun bisa meningkatkan kepintaran otak. Memang, kecerdasan seseorang tak hanya bisa diperoleh hanya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saja. Namun, diperlukan belajar yang tekun dan semangat yang tinggi untuk berprestasi. Meskipun demikian, faktor makanan memiliki andil yang kuat dalam menjadikan seseorang lebih pintar. Apabila anak-anak kurang menyukai bahan makanan yang penuh dengan nutrisi, sebaiknya diolah menjadi makanan yang unik sehingga bisa menarik perhatian si kecil. Dengan begitu, Anda bisa membuat si kecil tetap mengonsumsi makanan sehat yang bergizi. Nah, itulah hal yang harus diketahui mengenai nutrisi anak.

(Visited 7 times, 1 visits today)
Pentingnya Memberikan Nutrisi Anak | ctvglobal | 4.5