Klasemen Piala Indonesia 2019: PSM Makassar Juara

By On Minggu, September 8th, 2019 Categories : LifeStyle

Klasemen Piala Indonesia 2019: PSM Makassar Juara

Pertandingan Piala Indonesia 2018/2019 baru saja usai 6 Agustus 2019 kemarin. Klasemen Piala Indonesia juga telah menunjukkan hasilnya, yakni PSM Makassar sebagai pemenang dan juaranya. Zulham Zamrun, pemain sayap tim PSM Makassar juga terpilih sebagai pemain terbaik di ajang Piala Indonesia tersebut. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai Piala Indonesia, simak artikel di bawah ini.

Apa itu Piala Indonesia?

Piala Indonesia adalah sebuah turnamen sepakbola tahunan yang diselenggarakan oleh PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Piala Indonesia mulai dipertandingkan pada tahun 2005, ketika itu masih menggunakan nama Copa Indonesia atau Copa Dji Sam Soe sesuai merk pemberi sponsor, penyandang dananya. Turnamen Piala Indonesia mempertemukan seluruh klub sepakbola di Indonesia, yang totalnya sebenarnya terbagi menjadi 3 tingkatan kompetisi Liga Indonesia, yaitu ada Liga 1, dan Liga 2, serta Liga 3. Pada tahun 2018 jumlah klub sepakbola yang turut serta dan ikut berpartisipasi dalam Piala Indonesia ini totalnya ada 128 klub, yang meliputi ketiga tingkatan liga tersebut.

Sistem Tanding Piala Indonesia

Sistem tanding turnamen Piala Indonesia memungkinkan klub-klub dari luar Liga 1 agar bisa mendapat kesempatan untuk bertanding mencoba berhadapan dengan klub-klub besar sepakbola Indonesia yang berada di posisi tertinggi di Liga 1. Bagi klub-klub sepakbola yang ada di divisi terendah, maka hal ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bisa tanding melawan klub sepakbola populer yang sudah langganan juara dan berada di ranking tertinggi, sehingga pertandingan tersebut akan sangat bermanfaat dan menguntungkan guna mengukur sampai dimana sebenarnya kemampuannya untuk melawan klub-klub besar sepakbola terkenal Indonesia. Ini akan memicu adrenalin dan menjadi motivasi besar dalam melakukan tanding di ajang Piala Indonesia. Ibaratnya semangat kurcaci untuk melawan dan mencoba mengalahkan raksasa. Jika akhirnya kalah pun sudah cukup bangga dan mendapat keuntungan, pengalaman bertanding dengan klub yang rankingnya di atasnya, apalagi jika berhasil mengalahkannya dan menang, maka akan sangat membanggakan sekali, dan akan tercatat sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia.

Sejarah Piala Indonesia

Piala Indonesia ini diselenggarakan pertama kalinya di tahun 2005 dengan PT. HM Sampoerna Tbk. Bersama dengan PT Bentoel Prima  sebagainya penyandang dana dengan sponsor untuk produk unggulan mereka, yakni merk Dji Sam Soe. Oleh karenanya di periode awal tersebut maka pertandingan ini disebut dengan nama lain sebagai Copa Dji Sam Soe Indonesia 2005. Turnamen Piala Indonesia di tahun 2005 tersebut diikuti oleh 92 peserta, yang rinciannya meliputi sejumlah 36 klub sepakbola dari Divisi Utama, dan 40 klub sepakbola dari Divisi Satu serta ada 16 klub sepakbola dari Divisi Dua. Sebelum itu pada zaman Galatama pernah juga diselenggarakan pertandingan sepakbola sejenis Piala Indonesia ini, yang diikuti para peserta yang berasal dari klub-klub sepakbola Galatama, oleh karenanya maka lantas dinamakan Piala Galatama. Sistem pertandingannya menggunakan metode gugur, yakni dengan sistem tanding kandang tandang. Sampai tahun 2012, maka pertandingan finalnya dilaksanakan dengan menggunakan sistem pertandingan single dengan satu kali pertemuan tanding, di ajang final. Sedangkan untuk pertandingan hingga di tingkat semifinalnya ada yang menggunakan sistem kandang tandang, namun ada juga yang menggunakan sistem pertandingan tunggal. Sistem kompetisi yang berbeda sempat terjadi pada tahun 2010, yakni dengan cara membagi para peserta ke dalam grup-grup hingga tahap penyisihan di babak perempat final. Setelah vakum dengan jeda yang cukup lama, yakni hingga lebih dari 5 tahun, maka kini Piala Indonesia 2018/2019 mulai dilaksanakan lagi, kali ini dengan menggunakan sistem pertandingan secara keseluruhan di seluruh tahapannya dengan menggunakan sistem kandang tandang, hingga pada pertandingan babak finalnya juga. Untuk melihat berita terkait klasemen Piala Indonesia, kunjungi situs Bola Nusantara.

Klasemen Piala Indonesia 2018/19

Di klasemen Piala Indonesia, PSM Makassar keluar sebagai juara dengan total skor 2-1 melawan Persija Jakarta di ajang final. Sebagai penghargaan atau reward terhadap klub yang berhasil menjadi juara di Piala Indonesia ini, selain berhak membawa pulang Piala Bergilir juga akan berhak untuk menjadi pendamping juara Liga Indonesia untuk mewakili Indonesia pada ajang Piala AFC. Klub-klub yang masuk dalam 16 besar Piala Indonesia di antaranya PSM Makassar, Persija Jakarta, Madura United, Borneo FC, Persib Bandung, Bali United, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, PSS Sleman, Arema FC, Sriwijaya FC, Tira Persikabo, Persela Lamongan, Persidago Gorontalo, dan PSIS Semarang, dan Perseru Serui. Demikianlah klasemen Piala Indonesia 2018/19.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Klasemen Piala Indonesia 2019: PSM Makassar Juara | ctvglobal | 4.5
IBX5A44C6A0755B9